Hal Yang Perlu Diketahui Bagi Pemilik Atau Bagi Yang Ingin Memiliki Toyota Avanza?

 on Rabu, 25 Mei 2022  

Hal Yang Perlu Diketahui Bagi Pemilik Avanza Atau Bagi Kalian Yang Ingin Memiliki Avanza




 
Avanza dan Xenia adalah proyek mobil kembar yang di gagas oleh pabrikan Toyota dan Daihatsu Indonesia, karena pada tahun 1998/1999 mobil keluarga seperti Toyota Kijang naik hingga tiga kali lipat menjadi 180 jutaan. 


Hal tersebut mendorong kedua pabrikan Toyota dan Daihatsu berkaloborasi untuk menghasilkan mobil keluarga yang lebih murah dari Toyota Kijang. Maka pada tahun 2003 Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia resmi meluncur dipasaran Indonesia.


Dengan positioning dibawah Toyota Kijang, duo Avanza dan Xenia dibanderol dengan harga 70 juta rupiah untuk tipe terendahnya pada saat itu. Dengan spesifikasi khas Indonesia seperti penggerak roda belakang, ground clearance tinggi dan bagasi yang cukup luas.


Sontak menarik perhatian konsumen dan pamor mobil ini langsung melesat meninggalkan mobil keluarga pada saat itu seperti Toyota kijang, Daihatsu Zebra, Suzuki Carry, dan Mitsubishi T 120 SS.


Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2004 Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, duet Avanza dan Xenia sukses  mendapatkan gelar mobil sejuta umat untuk menggantikan Toyota Kijang yang lebih dulu eksis. Dan segi angka penjualan keduanya pun selalu ada di top 3. Keduanya bisa disebut sebagai penguasa penjualan maupun dijalanan. Dan duet mobil ini yang tercepat mencatat penjualan lebih dari satu juta unit.


Avanza dan Xenia hanya membutuhkan waktu 10 tahun untuk mencapai volume penjualan 1,5 juta unit sejak dipasarkan dari tahun 2004. Padahal Toyota Kijang yang masuk mobil populer membutuhkan waktu 36 tahun untuk menembus angka penjualan 1,5 juta unit.


Setelah mengetahui sejarah singkat tentang Toyota Avanza serta saudara kembarnya yaitu Daihatsu Xenia. Pasti kalian penasaran apa saja hal yang perlu diketahui oleh pemilik atau kalian yang ingin memiliki Avanza. Untuk mengetahuinya silahkan simak penjelasannya berikut ini. 


1. Mesin menggelitik



Suara mesin avanza menggelitik atau dalam bahasa tekniknya disebut knocking, merupakan masalah yang sering dialami oleh kendaraan termasuk mobil. Knocking ini bisa terjadi karena tidak tepat waktunya ledakan combustion chamber. 


Pada akhirnya mengakibatkan suara menggelitik dari dalam mesin mobil. Penyebab suara menggelitik dari dalam mesin terjadi karena kualitas bahan bakar yang kurang baik, kotornya saringan bahan bakar, dan filter udara yang kotor.


Jika filter udara dan filter bahan bakar telah kotor sebaiknya sesegera mungkin mengganti komponen tersebut agar tidak mengakibatkan fungsinya terganggu. 


2. Perawatan mesin



Perawatan mesin merupakan hal yang sangat penting dan perlu diperhatikan dengan cermat agar performa mesin tetap optimal. Ada beberapa cara merawat mesin yang bisa kalian lakukan antara lain :


- Memanaskan mesin mobil 5-10 menit sebelum bepergian. Tujuan memanaskan mobil tersebut agar oli mesin dapat melumasi komponen mesin secara optimal dan sampai ke celah yang terkecil. 


- Melakukan pergantian oli mesin secara berkala atau teratur serta menggunakan oli mesin yang berkualitas. Dengan menggunakan oli yang berkualitas maka umur mesin mobil kalian dapat lebih panjang, karena oli mesin seperti yang diketahui dapat menentukan umur mesin kendaraan.


3. Perawatan Eksterior


Setelah mengetahui perawatan pada bagian mesin, kalian juga perlu melakukan perawatan pada eksterior mobil. Cara perawatan pada bagian eksterior atau bagian bodi yang paling mudah adalah dengan mencuci bagian yang kotor atau bagian yang terkena air hujan. 


Tetapi jika mobil kalian tidak terlalu kotor kalian dapat membersihkannya hanya dengan menggunakan air bersih saja. Selain menjaga kebersihan bodi mobil. Selain merawat bagian bodi mobil kalian juga perlu memperhatikan cara merawat lampu mobil kalian. 


Lampu utama yang dirawat dengan baik atau dijaga kebersihannya membuat lampu tidak cepat buram, sehingga cahaya yang dipancarkan tetap terang. 


4. Terasa limbung saat ketika diajak bermanuver dalam kecepatan tinggi


Hal yang perlu kalian ketahui tentang Avanza adalah limbung yang kerap ditemui oleh pengguna Avanza ketika mobil diajak melaju pada kecepatan tinggi. Sedangkan saat melaju dalam kecepatan rendah, suspensi terasa terlalu empuk. 


Dari beberapa keterangan banyak pengguna Toyota Avanza yang merasa mobilnya mengalami gejala limbung saat diajak melaju dalam kecepatan tinggi hal tersebut dikarenakan jarak lingkar pegas/per belakang yang terlalu lebar. Tetapi hal tersebut bisa diatasi dengan mengganti tipe shock belakang. 


Nah, sekarang kalian sudah tahu apa saja hal yang perlu kalian ketahui tentang Toyota Avanza.  Semoga informasi yang disampaikan ini dapat berguna bagi kalian yang ingin memiliki Toyota Avanza atau bagi kalian pengguna baru Toyota Avanza. 



Semoga bermanfaat. 
















1 komentar:

Privacy Policy

Disclaimer

J-Theme