Jangan Asal Pilih! Kenali Kelebihan Dan Kekurangan Toyota Innova Zenix Terbaru!

 on Rabu, 30 Agustus 2023  

Kelebihan Dan Kekurangan Toyota Innova Zenix






Toyota Kijang pertama kali dalam konsep BUV (Basic Utility Vehicle). Setelah beberapa generasi, akhirnya Toyota Kijang Berevolusi Menjadi Toyota Kijang Innova. Pada tahun 2004 Kijang Innova generasi pertama lahir. 

Kijang Innova generasi pertama ini menggunakan mesin 1 TR-FE 2000 cc VVT-i dengan tenaga 134 dk dan torsi sebesar 182 Nm. Untuk versi dieselnya D4D Direct Four Stroke Turbo Commonrail 2500 cc dengan kode mesin 2 KD-FTV menghasilkan tenaga 105 dk dan torsi 260 Nm. 

Pada tahun 2008 Toyota memberikan facelift pada Kijang Innova. Desain grill diberikan sentuhan krom dengan model empat garis horizontal, termasuk ubahan pada lampu utama, lampu belakang serta lekukan bumper yang terlihat modern. 

Pada tahun 2013 Kijang Innova meningkatkan sektor keselamatan yaitu dengan penambahan fitur dual SRS Airbag, sabuk pengaman dengan pre-tensioner, dan force limiter untuk semua tipenya. 

Sementara untuk soal tampilan diberikan sentuhan baru dengan desain yang lebih lebar lengkap dengan bodykit underguard serta cover foglamp yang terlihat elegan. 

Pada tahun 2015 Toyota melakukan penyegaran secara total pada Kijang Innova dan diberi nama Innova Reborn. Untuk segi desain tidak ada lagi tampilan yang membulat pada bagian depan, seluruh bagian eksterior berubah total dibuat lebih padat serta dengan garis-garis kotak diseluruh body yang memberikan kesan gagah. 

Untuk sektor mesin ditawarkan dua jenis mesin yaitu 1 TR-FE 2000cc bensin dan mesin diesel 2 GD-FTV 2500cc lengkap dengan VNT intercooler. 


Innova Zenix

Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid


Interior Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid


Innova Zenix adalah salah satu keluarga Toyota Kijang yang pertama menggunakan mesin hybrid generasi kelima milik Toyota. Mesin ini juga digunakan oleh Toyota Prius 2023 dengan kode mesin M20A-FSX berkapasitas 2000cc Dual VVT-i yang mampu menghasilkan tenaga 152 PS dan torsi 187 Nm. 

Sementara untuk motor listrik mesin ini mampu menghasilkan tenaga 113 PS dan torsi 206 Nm. Innova Zenix bermesin hybrid ini dikombinasikan dengan transmisi 10 Speed Direct Shift CVT yang mampu menghemat bahan bakar hingga 21 km perliter yang di klaim lebih hemat dari Innova bermesin diesel. 


Kelebihan Innova Zenix


1. Irit BBM


Salah satu kelebihan Toyota Innova Zenix adalah irit bbm bahkan konsumsi bbm nya jauh lebih irit dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Jika dikendarai dengan kecepatan konstan di jalan tol konsumsi bbm nya mencapai 1:17 km/perliter.

Sementara itu, mesin hybrid yang digunakan oleh Innova Zenix bahkan lebih mempunyai konsumsi bbm yang lebih baik. Tetapi efisiensi bbm ini akan sangat terasa pada jalanan macet karena mesin hybrid akan otomatis menyala pada kecepatan dibawah 40km/jam.

Namun, saat jalanan sudah mulai lancar dan mobil melaju pada kecepatan diatas 40km/jam mesin bensin otomatis menyala berdasarkan review pengguna Innova Zenix yang digunakan saat jalanan macet atau kecepatan rendah konsumsi bbm nya dapat mencapai 1:21 km/perliter.


2. Toyota Safety Sense (TSS) 


Kelebihan lain dari Toyota Zenix ini memiliki fitur Toyota Safety Sense (TSS) 3.0 dibandingkan TSS 2.0 generasi terbaru ini memiliki beberapa hal baru. 

Yang pertama, jarak deteksi kedepan menjadi lebih luas, baik ke atas maupun ke bawah, dan ke kanan maupun ke kiri selain itu, deteksi ke arah depan menjadi lebih luas bahkan dengan jarak yang lebih dekat. 

Kedua improvement tersebut termasuk dalam aspek teknis radar. TSS generasi ke 3 ini juga dapat mendeteksi pejalan kaki dan pesepeda yang berlawanan arah. Sistem ini juga dapat mendeteksi kendaraan lain yang melintas di persimpangan jalan. 


3. Panoramic Sunroof


Kelebihan lain dari Innova Zenix adalah sudah memiliki panoramic sunroof. Hal ini merupakan kali pertama keluarga Toyota Kijang yang dibekali fitur ini. 

Dengan adanya fitur ini menegaskan Kijang Innova Zenix menegaskan jika mobil ini merupakan MPV mewah yang memanjakan penggunanya.


Kekurangan Innova Zenix


1. Pengaturan Jok Masih Manual


Dengan harga yang terbilang mahal cukup disayangkan pengaturan jok Innova Zenix ini masih manual dan belum menggunakan pengaturan jok secara elektrik. 

Jika dibandingkan dengan Kijang Innova Reborn, bagian jok pengemudi sudah dibekali dengan pengaturan jok elektrik. Hal ini menjadi salah satu kekurangan Innova Zenix. Jika dibekali dengan pengaturan jok elektrik tentu akan menambah kenyamanan bagi penggunanya. 


2. Harga Yang Cukup Mahal


Untuk yang satu ini bisa dikatakan sebagai kekurangan dan bisa dikatakan bukan menjadi kekurangan, karena fitur yang dihadirkan cukup banyak. 

Perlu diketahui, Kijang didesain sebagai mobil rakyat dengan harga yang terjangkau. Namun pada tahun lalu, Toyota secara tidak langsung membuat Kijang yang dahulu dikenal sebagai mobil rakyat yang terjangkau kini naik kelas sebagai mobil keluarga mewah.

Untuk varian terendah dari Innova Zenix tipe G dibanderol sekitar Rp 419 juta dan tertingginya dibanderol Rp 614 juta untuk tipe Q Hybrid TSS. 



Sekian pembahasan kita kali ini, semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Privacy Policy

Disclaimer

J-Theme