Apa Itu Engine Flush? Ketahui Manfaat Dan Fungsinya Berikut Ini Terbaru!

 on Senin, 18 September 2023  

Manfaat Dan Fungsi Engine Flush Mobil




Engine flush adalah cairan yang biasanya yang digunakan untuk pembersihan mesin mobil. Engine flush mempunyai fungsi utama untuk membantu menghilangkan kotoran dan kerak oli yang ada pada mesin mobil. 

Karena mobil uang sering digunakan pasti akan kotor dan menimbulkan kerak oli pada mesin, apabila kalian tidak rajin membersihkannya maka komponen tersebut akan cepat rusak dan jika sudah rusak perlu diganti dengan yang baru, dan tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan. 

Oleh karena itu diperlukan cairan untuk membersihkan kotoran dan kerak oli tersebut. Engine flush ini biasanya digunakan untuk membersihkan kotoran-kotoran, endapan oli, hingga oli yang telah mengerak. 

Selain sebagai pembersih kotoran dan kerak pada mesin engine flush juga bisa mencegah oil sluge. Oli sluge adalah kondisi dimana oli mengalami perubahan menjadi kecoklatan dan mengental seperti bubur. Oil sluge ini membuat saluran pelumasan menjadi tersumbat dan yang paling parah dapat mengakibatkan mesin over heat. 


Cara Kerja Engine Flush




Selain dilakukan saat mesin terasa kotor, biasanya pembersihan dengan engine flush juga dilakukan saat ingin mengganti merk oli mesin. Berikut cara kerja dan proses pembersihan mesin dengan engine flush:

1. Sebelum mengganti oli lama, buka baut penutup lubang pengisian oli dan masukan cairan engine flush. 

2. Nyalakan mesin mobil, setelah itu diamkan mesin dalam kondisi idle kurang lebih 5 sampai 10 menit. Tujuannya agar cairan engine flush bisa bersirkulasi dengan baik. 

3. Setelah itu, matikan mesin dan buka lubang pembuangan oli mesin. Tunggu sampai tidak ada lagi sisa oli yang menetes. 

4. Tutup kembali lubang pembuangan oli kemudian isi mesin dengan oli yang baru. 


Fungsi Dan Manfaat Engine Flush 


1. Membersihkan kerak pada mesin usai oli dikuras



Fungsi engine flush yang pertama adalah untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang menempel pada bagian mesin ketika sedang melakukan proses ganti oli. 

Hal tersebut bertujuan untuk melancarkan proses pelumasan pada bagian mesin karena jika masih ada kerak yang menempel pelumasan mesin menjadi kurang maksimal.


2. Menjaga komponen mesin agar tetap memiliki performa yang baik


Fungsi engine flush berikutnya adalah menjaga komponen yang ada di mesin agar tetap dalam kondisi yang baik. Dapat dibayangkan jika komponen mesin kalian terdapat kotoran-kotoran yang terus mengendap pada bagian mesin, jika hal itu dibiarkan dapat mempengaruhi performa dan kinerja mesin mobil. 


3. Membersihkan sisa karbon dan sludge


Karbon dan sludge adalah salah satu sisa atau residu dari komponen mobil. Karbon dan sludge terdapat pada mobil yang letaknya ada pada ring piston. Selain bisa digunakan untuk membersihkan mesin mobil, engine flush juga dapat digunakan untuk menghilangkan kotoran karbon dan sludge. 



4. Menjaga kompresi mesin


Kompresi mesin adalah besarnya rasio volume yang dihasilkan selama proses pembakaran. Proses ini perlu dijaga agar tidak terganggu yang mengakibatkan loss kompresi. 

Oleh karena itu kalian dapat menggunakan engine flush untuk menjaga kompresi mesin kalian dan menghilangkan kotoran yang terdapat pada ruang pembakaran mesin. 

Sebagai tambahan jangan terlalu sering melakukan engine flush karena jika terlalu sering dilakukan akan mengakibatkan silinder head menjadi terkikis atau rusak, direkomendasikan melakukan engine flush 1:3 atau setiap tiga kali penggantian oli lakukan engine flush satu kali. 

Sekian pembahasan kita kali ini, semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung. 









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Privacy Policy

Disclaimer

J-Theme