Cek Terlebih Dahulu! Simak Dahulu Tips Dan Trik Membeli Mobil Second/Bekas

 on Rabu, 13 September 2023  

 Tips Dan Trik Membeli Mobil Bekas



Memilih mobil bekas bisa dikatakan tidak mudah, sebab harus memahami proses ketika kalian ingin membeli mobil bekas. Namun ada beberapa banyak keuntungan membeli mobil bekas, salah satunya harga jualnya lebih murah ketimbang mobil baru. 

Dan jika kalian jeli untuk memilih mobil bekas kalian dapat mendapatkan kondisi yang hampir sama dengan mobil baru, tetapi jika kalian salah memilih bisa saja mendapatkan mobil bekas yang mempunyai banyak masalah. 

Namun hal tersebut tergantung bagaimana cara kita memilih dan membeli mobil bekas itu sendiri. 

Kali ini Dunia Oto akan memberikan tips dan trik bagi kalian yang ingin membeli mobil bekas. Lalu apa saja tips dan triknya? Yuk simak jawabannya berikut ini. 


1. Cek Riwayat Service



Tips yang pertama dan yang paling penting adalah cek riwayat service mobil bekas yang akan dibeli. Karena dengan mengecek riwayat service dapat diketahui dengan jelas apakah mobil tersebut dirawat secara berkala atau tidak. 

Dalam dunia otomotif, hal itu disebut service record jika mobil bekas yang akan dibeli memiliki jadwal rutin service, maka dapat dipastikan mobil tersebut layak jalan dan dalam kondisi yang baik. 


2. Jangan Tergiur Harga Murah Dibawah Harga Pasaran


Mobil bekas yang dijual dengan harga dibawah pasaran memang sangat menggiurkan. Tetapi kalian perlu berhati-hati dan jangan mudah tergiur dengan harga yang murah. 

Sebaiknya kalian melakukan inspeksi dengan membawa mekanik atau montir kepercayaan kalian untuk memeriksa keadaan mobil bekas yang akan beli. 

Biasanya harga mobil bekas yang ditawarkan lebih rendah dibanding harga pasaran, bisa jadi mobil tersebut pernah mengalami laka atau bekas kebanjiran. 


3. Cek Kondisi Mesin



Tips yang ketiga ini bisa dikatakan termasuk paling penting. Periksa secara menyeluruh dan perhatikan semua komponen yang ada pada mesin termasuk suara dan getaran mesin. 

Serta pastikan tidak ada kebocoran atau rembesan oli pada bagian blok mesin atau pada komponen lainnya. Lalu lakukan test drive, saat melakukan test drive perhatikan dengan baik mulai dari tarikan gas, kondisi pengereman dan kondisi kaki-kaki mobil/suspensi.

Tips ketiga ini mungkin cukup sulit bagi seseorang yang belum mengerti mesin mobil. Penting bagi kalian untuk mengajak mekanik atau teman yang mengerti seluk beluk mobil. 


4. Sabar Dan Teliti


Membeli mobil bekas/second tidak bisa dilakukan secara terburu-buru dan kalian harus teliti sebelum membeli mobil tersebut. Hal tersebut bertujuan agar kalian mendapat mobil bekas dengan kondisi prima serta siap pakai. 

Selain itu membeli mobil bekas memerlukan waktu untuk membandingkan sisi kualitas, harga dan lainnya. Sebagai tambahan kalian perlu memeriksa kelengkapan dokumen mobil bekas yang akan kalian beli seperti STNK, BPKB, dan kecocokan nomor rangka dan nomor mesin yang ada pada STNK. 

5. Perhatikan Indikator Pada Instrumen



Tips dan trik memilih mobil bekas sangat bermanfaat tapi sayangnya sering luput untuk dilakukan. 

Untuk mobil yang sudah dilengkapi instrumen tersebut kita dapat mengetahui kondisinya hanya dengan memperhatikan bagian indikator pada panel instrumen yang biasanya terletak pada speedometer. 

Panel instrumen tersebut mulai dari check engine, tekanan oli mesin, kondisi aki, indikator air radiator dan lain-lain. 

Perlu diakui bukan hal yang mudah untuk menghafal semua fungsi indikator karena mengingat jumlahnya yang banyak. Tapi berdasarkan pada indikator tersebut kalian dapat menganalisis masalah yang ada pada mobil tersebut dan bisa membandingkan dengan mobil bekas incaran kalian. 



Sekian pembahasan kita kali ini, semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung. 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Privacy Policy

Disclaimer

J-Theme